100 Favorite Bible Verses

100 Favorite Bible Verses

Ujian Nasional Perhatikan hal hal berikut!

1) Ruang

2)waktu

3) pola lantai

4) tenaga

5) iringan

Penggunaan level pada gerak berhubungan erat dengan hal-hal yang di tunjuk oleh nomor...

Bantu jawab

Perhatikan hal hal berikut!

1) Ruang

2)waktu

3) pola lantai

4) tenaga

5) iringan

Penggunaan level pada gerak berhubungan erat dengan hal-hal yang di tunjuk oleh nomor...

Bantu jawab

Jawaban:

1, 2, 4

Ruang, Waktu, Dan Tenaga

Penjelasan:

Elemen utama tari adalah gerak yang didalamnya mencakup tiga bagian yaitu Ruang, Waktu dan Tenaga, maka dari itu kita akan mencoba untuk memperjelas maksud daripada ketiga elemen tersebut melalui penjelasan berikut :

1. Ruang

Jika kamu melakukan gerakan ditempat tanpa berdiri berarti itu melakukan gerak diruang pribadi, sedangkan jika kamu bergerak berpindah tempat maka kamu melakukan gerak diruang umum . gerak di dalam ruang dapat dilakukan secara sendiri-sendiri, berpasangan ataupun berkelompok.

2. Waktu

Setiap gerak yang dilakukan membutuhkan waktu , baik gerak estetis maupun gerak fungsional. Gerak fungsional seperti berjalan menuju ke sekolah tentu membutuhkan waktu.

Jika jarak yang ditempuh dekat maka waktu yang dibutuhkan juga lebih sedikit dibandingkan dengan jarak yang jauh. Jika jarak yang jauh ingin sama cepatnya dengan yang dekat tiba ditempat, maka gerak yang dilakukan haruslah memiliki kecepatan dua atau tiga kali lipat dari jarak yang dekat.

Perbedaan cepat atau lambat gerak berhubungan dengan tempo. Jadi tempo merupakan cepat atau lambatnya geraknya yang dilakukan. Gerak tari juga memiliki tempo.

Fungsinya pada gerak tari ialah untuk memberikan kesan dinamis sehingga suatu tarian enak untuk dinikmati.

3. Tenaga

Setiap kamu melakukan gerak , tentu kamu memerlukan tenaga. Dan adapun penggunakan tenaga di dalam gerak tari meliputi tiga bagian yaitu :

- Intensitas yang berkaitan dengan kuantitas tenaga dalam tari yang menghasilkan tingkat ketegangan gerak.

- Aksen/tekanan muncul ketika gerakan dilakukan secara tiba-tiba dan kontraks.

- Kualitas berkaitan dengan cara penggunaan atau penyaluran tenaga. Jika tari yang dilakukan memiliki intensitas yang tinggi tentu saja memerlukan pula tenaga yang kuat dan sebaliknya , gerak dengan intensitas yang rendah memerlukan tenaga yang lemah atau sedikit.

Berdasarkan dengan materi yang telah dijelaskan diatas maka bisa kita tarik kesimpulan singkat bahwa gerka tari terdiri dari Ruang, Waktu dan tenaga yang dapat dideskripsikan secara singkat sebagai berikut:

1. Ruang didalam gerak merupakan efek yang ditimbulkan oleh gerak yang dilakukan

2. Waktu didalm gerak merupakan satuan irama dari gerak yang dilakukan

3. Tenaga dalam gerak merupakan satuan kekuatan yang dikeluarkan dalam melakukan gerk.

Didalam kehidupan kamu juga senantiasa bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain , dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain.

Gerak didalam ruang tentu akan berhubungan dengan orang lain yang juga melakukan gerak, untuk tidak saling bertabarakan dalam melakukan gerak maka perlu sikap toleransi dan saling menghormati jika kamu bergerak dalam ruang yang disediakan dan menghargai orang lain maka akan menimbulkan rasa aman dan nyaman.

Sebaliknya coba bayangkan jika kita berkendara di tengah kemacetan dan bergerak tanpa toleransi dengan orang lain , tentu akan semakin menambah parah kemacetan itu sendiri.

Semoga membantu, maaf kalau salah:(

Kalau benar jadikan jawaban tercerdas, terimakasih^^

[answer.2.content]